NURJAYANI, 1012014079 (2018) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMP Negeri 5 Karang Baru. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
NURJAYANI.1012014079.PAI.2018.pdf Download (1MB) |
Abstract
Disiplin ilmu dalam mengajar memberikan dampak positif saat proses pembelajaran. Guru yang mengajar pendidikan Agama berlatarbelakang pendidikan bahasa Indonesia mengakibatkan pengelolaan kelas kurang optimal dalam penyajian materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan terhadap penguasaan materi ajar PAI di SMP Negeri 5 Karang Baru dan ntuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Karang Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI berjumlah 2 orang dan siswa berjumlah 32 orang di SMP Negeri 5 Karang Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa latar belakang pendidikan terhadap penguasaan materi ajar PAI sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemudian tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar pembelajaran PAI juga sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum. Siswa terlihat aktif selama proses pembelajaran berlangsung dan siswa selalu memberikan argumen ketika guru menanyakan tentang materi yang sedang diajarkan. Hasil belajar siswa juga meningkat ketika tes diberikan guru pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Karang Baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Legiman, M.Ag Pembimbing II: Yustizar, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Guru PAI dan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 07:33 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 07:33 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2345 |
Actions (login required)
View Item |