Dina Putri, 1052017047 (2021) Dampak Penggunaan Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Matematik Siswa Di Sd Negeri 2 Lawe Hijo. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
DINA PUTRI.1052017047.PGMI.2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Batang napier terdiri dari 10 kotak yaitu 0 sampai dengan 9 yang berguna untuk membantu anak menjumlahkan hasil perkalian.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan batang napier terhadap pemahaman konsep matematik siswa di SD Negeri 2 Lawe Hijo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan desain Randomized Control Group Pretes-Posttes. Oleh karena itu, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Lawe Hijo yang berjumlah 2 kelas. Dan sampel penelitian ini terdiri dari kelas IV A berjumlah 28 orang (menggunakan batang napier) dan kelas IV B berjumlah 28 orang (menggunakan metode ceramah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test berbentuk essai dengan jumlah 4 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai mean pada pre-test kelas eksperimen yaitu 62.32 dan Post-test sebesar 78.39. Pada kelas kontrol nilai pre-test 61.43 dan post-test 71.61. Dan hasil uji hipotesis diperoleh hasil uji hipotesis (uji-t) dengnan menggunakan SPSS yaitu 0.00 < 0.05 dan nilai post-test eksperimen lebih baik dari kontrol (78.39>71.61). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa batang napier dapat digunakan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Jelita, M.Pd Pembimbing II:Fenny Anggreini, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Batang Naiper dan Pemahaman Konsep Matematik Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 04:19 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 04:19 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2340 |
Actions (login required)
View Item |