Dr. Abdul Hamid, MA, 197307312008011007 (2021) Mediating the Effects of Customer Satisfaction and Bank Reputation on the Relationship between Services Quality and Loyalty of Islamic Banking Customers. Malaysian Journal Of Consumer And Family Economics, 25 (-). pp. 28-61. ISSN 1511-2802
Text
mediating.pdf Download (472kB) |
Abstract
Di tengah persaingan yang ketat dalam industri perbankan global, isu mempertahankan pelanggan setia yang ada dan menarik pelanggan baru telah menjadi fokus untuk bank syariah di seluruh dunia, termasuk bank syariah di Indonesia. Mempertimbangkan masalah mendesak ini, penelitian ini secara empiris mengukur dan menganalisis efek mediasi reputasi bank dan kepuasan pelanggan pada hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas perbankan syariah pelanggan. Dari 113.146 nasabah Bank Mandiri Syariah (BSM) di Kota Banda Aceh, Indonesia, 320 di antaranya dipilih sebagai responden untuk penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan oleh penyebaran kuesioner kepada responden dan dianalisis menggunakan Struktural Pemodelan Persamaan (SEM). Studi ini mencatat bahwa sementara kualitas layanan telah pengaruh positif yang signifikan terhadap reputasi bank dan kepuasan nasabah, memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Reputasi bank dan kepuasan pelanggan juga didokumentasikan memiliki mediasi yang signifikan efek pada hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan lebih lanjut, bank manajemen harus merancang strategi yang tepat dengan fokus pada peningkatan bank reputasi dan kepuasan pelanggan dengan memperkuat kualitas layanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas pelanggan, layanan berbasis digital, layanan berbasis syariah, Abdul Hamid |
Subjects: | Muamalat > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 04:53 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 04:53 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2320 |
Actions (login required)
View Item |