Penerapan Permainan Bisik Berantai Melalui Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada KB Kartika Kecamatan Manyak Payed

SYAFRIN AFDALINA, 1062015031 (2020) Penerapan Permainan Bisik Berantai Melalui Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada KB Kartika Kecamatan Manyak Payed. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SYARFIN AFDALINA.1062015031.PIAUD.2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penenarapan permainan bisik berantai melalui media gambar berseri dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada KB Kartika Kecamatan Manyak Payed adalah Peneliti melihat perkembangan bahasa anak saat berbicara sulit dalam menguasai kosa kata sehari-hari didengar, dijelaskan ataupun disampaikan oleh guru maupun teman sebaya mereka. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan bahasa anak sehari-hari di sekolah maupun di lingkungan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan bisik berantai, untuk mengetahui apakah permainan bisik berantai melalui gambar berseri dapat meningkatkan perkembang bahasa. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitain dalam penelitian ini adalah kelas KB Kartika Kecamatan Manyak Payed pada anak usia 3-4 tahun dengan jumlah peserta didik 15 anak yaitu laki 6 dan 9 perempuan. Instumen yang digunakan yaitu observasi dan tes. Desain Penelitian menggunakan 2 siklus dengan Model Kemmis dan MC Taggart. Hasil penelitian permainan bisik berantai melalui media gambar berseri dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak yaitu peningkatan dalam perkembangan bahasa anak dengan hal yang menunjukkan dalam perkembangan bahasa anak terdapat dalam 2 siklus yaitu siklus I saat anak mendengarkan kata bergambar berseri seperti gambar polisi dan petani, anak mampu mendengarkan intruksi pada proses pembelajaran permainan bisik berantai, saat menyebutkan kata bergambar polisi dan petani, dan anak mengulang kalimat atau menirukan kembali kalimat yang telah didengar mencapai indikator pencapaian belum berkembang (BB) dan mulai berkembang (MB). Setelah dilakukan siklus II permainan bisik berantai anak semakin meningkat perkembangan bahasa yang mencapai indikator keberhasilan berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH). Agar peneliti mendapatkan hasil sesuai pencapaian perkembangan yang baik. Peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan permainan bisik berantai menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan dari sebelum penelitian dan sesudah penelitian dari belum berkembang (BB) hingga sampai berkembang sangat baik(BSB)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rita Mahriza, MS Pembimbing II: Khairul Amri, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Permainan Bisik Berantai, Media Gambar Berseri, Perkembang Bahasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:34
Last Modified: 07 Mar 2022 04:34
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2315

Actions (login required)

View Item View Item