SARAH YULIS, 1032017035 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Indrajaya Kab. Pidie. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SARAH YULIS.1032017035.PMA.2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII.2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII.3 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes yang berbentuk essay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Uji hipotesis menggunakan uji T satu pihak, yaitu uji T pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen adalah 28,1583 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol adalah 21,6690. Setelah dilakukan uji beda rata-rata, diperoleh thitung > ttabel 7,56 > 1,67 sehingga Ha diterima, yang bermakna bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi Edmodo lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Faisal, M.Pd Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Edmodo, Blended learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 04:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 04:51 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2302 |
Actions (login required)
View Item |