Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa di Kelas IV MIN 3 Langsa

ASMAWATI, 1052016062 (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa di Kelas IV MIN 3 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ASMAWATI.1052016062.PGMI.2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa sering menggunakan bahasa sendiri untuk menjawab apa yang diajarkan guru ketika proses pembelajaran. Selain itu, siswa tidak percaya diri untuk berbicara kepada orang yang baru mereka kenal, mereka seperti orang pemalu dan tidak ingin berbicara meskipun diajak bicara. Terlebih siswa menggunakan bahasa Aceh untuk berkomunikasi dengan guru. Akibatnya antara siswa dan guru sering terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan apa yang siswa maksud dan hal ini menjadikan guru harus menyesuaikan bahasa yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran siswa yang lebih aktif. Karena kesalahpahaman ini, penulis tertarik untuk membahas bahasa yang digunakan siswa terhadap aktivitas proses pembelajaran di MIN 3 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi siswa di kelas IV MIN 3 Langsa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa Indonesia dan siswa kelas IV MIN 3 Langsa yang terdiri dari 3 siswa. Pengamatan yang dilakukan di MIN 3 Langsa pada bulan Agustus hingga September 2020 dengan melakukan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk menilai tingkat akurasi data dan informasi yang disampaikan oleh partisipan yang dianggap sebagai data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan komunikasi siswa di kelas IV MIN 3 Langsa masih terbiasa menggunakan bahasa Aceh dibandingkan menggunakan bahasa Indonesia. Kemudian siswa juga terbiasa hanya menggunakan cara atau metode yang sama dalam melatih komunikasi yaitu metode pengulangan, dimana siswa dianjurkan guru untuk membaca sebuah teks dan kemudian siswa harus menjelaskan kembali isi teks dengan menggunakan bahasa siswa sendiri. Hal ini tentunya sulit mencapai hasil yang maksimal mengingat siswa tidak terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemudian, kendala siswa dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi: a) Siswa tidak dibiasakan dalam berkomunikasi atau hanya dalam mata pelajaran tertentu saja seperti pelajaran bahasa Indonesia saja. b) Siswa terbiasa menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi. c) Tidak adanya metode khusus atau cara tertentu digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhaini, M.A Muhammad Iqbal, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Pendidikan, Proses Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:17
Last Modified: 03 Feb 2022 04:17
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item