Pemanfaatan Alat Peraga Dakota untuk Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Dr. Jelita, M.Pd, 196906051992032004 (2021) Pemanfaatan Alat Peraga Dakota untuk Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. At-Tafkir : Jurnal Pendidikan, Hukum dan Sosial Keagamaan, 14 (1). pp. 106-115. ISSN 1979-9357

[img] Text
jurnal At Taflir.pdf

Download (189kB)
Official URL: http://-

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pemanfaatan Alat Peraga Dakota sebagai upaya menguatkan pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pemahaman konsep matematikaa siswa di MIS Terpadu Langsa. Metode penelitian ini merupakan mix method, yaitu campuran antara kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 15 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan metode undian. Data dianalisis menggunakan persentase dan uji t yaitu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah digunakannya alat peraga Dakota menjadi semakin meningkat ini dibuktikan dari hasil persentase permahaman konsep matematika sebelum menggunakan alat peraga adalah 34,33% sedangkan setelah menggunakan alat peraga Dakota diperoleh persentase pemahaman konsep matematika adalah 80,6%. Sedangkan dari uji t diperoleh nilai t sebesar 4,267 dengan sig (2- tailed) 0,000. Karena diperoleh nilai sig < 0,05 sehingga secara signifikan maka dapat kita 107 simpulkan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh alat peraga Dakota terhadap pemahaman konsep matematika siswa di MIS Terpadu Langsa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga; Pemahaman Konsep; Matematika; Jelita; Artikel
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:05
Last Modified: 21 Jan 2022 09:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item