PENGARUH POTONGAN HARGA, TAGLINE “GRATIS ONGKIR”, DAN CASH ON DELIVERY (COD) TERHADAP MINAT BERBELANJA ONLINE DI SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Langsa)

Widiya, 4022017097 (2021) PENGARUH POTONGAN HARGA, TAGLINE “GRATIS ONGKIR”, DAN CASH ON DELIVERY (COD) TERHADAP MINAT BERBELANJA ONLINE DI SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Langsa). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
WIDIYA.4022017097.EKS.2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa bagaimana pengaruh potongan harga, tagline “gratis ongkir”, dan cash on delivery (COD) secara parsial dan simultan terhadap minat berbelanja online di shopee pada mahasiswa IAIN Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 98 orang, yaitu mahasiswa IAIN Langsa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potongan harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat berbelanja, dengan nilai X1 sebesar 0,383 dan nilai thitung 4,302 sedangkan ttabel sebesar 1,985 atau (4,302 > 1,985) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Tagline “gratis ongkir”secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat berbelanja, dengan nilai X2 sebesar 0,216 dan thitung sebesar 2,542 sedangkan ttabel sebesar 1,985 atau (2,542 > 1,985) dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05. Cash On Delivery (COD) secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berbelanja, dengan nilai X3 sebesar 0,212 dan thitung sebesar 1,617 sedangkan ttabel sebesar 1,985 atau (1,617 < 1,985) dengan nilai signifikansi 0,109 > 0,05. Hasil uji analisis regresi linear berganda diporeleh nilai kostanta sebesar 2.776 dengan nilai variabel X1 sebesar 3,83% variabel X2 sebesar 2,16% dan variabel X3 sebesar 2,12% atau (Y = 2.776 + 0.383 X1 + 0.216 X2 + 0.212 X3). Secara simultan potongan harga, tagline “gratis ongkir”, dan cash on delivery (COD) berpengaruh positif signifikan terhadap minat berbelanja, dengan nilai Fhitung 34,280 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian adanya hubungan antara potongan harga, tagline “gratis ongkir”, dan cash on delivery (COD) terhadap minat berbelanja di Shopee sebesar 50,7% dan 49,3% lainnya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Abdul Hamid, MA Pembimbing II:Nurjannah, M.Ek
Uncontrolled Keywords: Belanja Online
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:47
Last Modified: 12 Jan 2022 02:47
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item