WIDIA FAUZA, 3022016033 (2021) PENERAPAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENGATASI PRILAKU AGRESIF SISWA DI SMA 1 IDI RAYEUK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
WIDIA FAUZA.3022016033.BKI.2020.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pelaksanaan konseling individual untuk mengatasi perilaku agresif siswa SMA 1 Idi Rayeuk serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling individual mengatasi prilaku agresif siswa SMA 1 Idi Rayeuk. Perilaku agresif yang penulis maksud dalam penelitian ini adalah perilaku siswa yang menampakan permusuhan, perasaaan marah, tindakan melukai baik secara fisik maupun non fisik, disinilah dirasa perlu di terapkan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus (study case), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian yaitu guru bimbingan konseling di SMA 1 Negeri Idi Rayeuk 2 orang, dan siswanya sebanyak 7 orang, teknik pengumpulan data dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling individual pada siswa yang agresif menggunakan konseling individual, pelaksanaan bimbingan konseling individual mengatasi permasalahan-permasalahan siswa yang berat. Sementara untuk masalah siswa yang ringan cukup hanya dilakukan teguran dan dinasehati oleh wali kelas dan guru BK. Tahapan konseling individual pada siswa yang melakukan perilaku agresif dilakukan tiga tahapan, tahap pembukaan, tahap inti kegiatan dan tahap penutupan, hasil yang di dapat terhadap pelaksanaan konseling individual pada siswa di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk membuahkan hasil, siswa mulai bisa menghadapi segala persoalan dengan sabar dan kepala dingin. Siswa memiliki kesanggupan untuk mengambil pilihan atau tindakan untuk kelangsungan hidupnya. Siswa juga sudah mulai berangsur-angsur bisa mengubah perilakunya, siswa juga sudah mulai membuka diri berkomunikasi dengan orang�orang terdekat seperti orang tua, saudara-saudaranya dan teman-temannya, sedangkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling individual di SMA 1 Idi Rayeuk, faktor pendukung yaitu kemampuan profesional konseling lebih banyak ditunjang oleh diri konseling itu sendiri, semangat dan ketulusan atau keikhlasan guru BK, faktor penghambat (1) masih banyaknya siswa yang belum memahami perlunya layanan bimbingan dan konseling (2) siswa masih banyak yang takut datang meminta layanan konseling, (3) orang tua siswa dan pihak-pihak lainnya belum memberikan dukungan yang penuh terhadap terselenggaranya berbagai tugas layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. H. Samsuar, MA Pembimbing II:Wan Chalidaziah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KONSELING INDIVIDUAL |
Subjects: | Pendidikan > Konseling Pendidikan |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 09:27 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 09:27 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2198 |
Actions (login required)
View Item |