Dr. Jelita, M.Pd, 196906051992032004 (2021) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Langsa. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2015. -, 1 (-). Himpunan Matematika Indonesia, Aceh, pp. 201-204. ISBN 978-602-60468-1-9
Text
Simantap6.pdf Download (581kB) |
Abstract
Motivasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika, karena motivasi sangat merangsang siswa aktif dalam belajar. Siswa yang termotivasi dalam belajar akan mempengaruhi hasil belajar, sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Strategi tersebut adalah Index Card Match yang merupakan strategi pengulangan (Reviewing strategis). Strategi ini cukup menyenangkan digunakan untuk mengulang materi pembelajaran yang diberikan sebelumnya, sehingga diyakini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran1 SMK Negeri 1 Langsa yang berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui data angket dan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil analisis data dari Siklus I menunjukkan motivasi siswa berturut-turut sebesar 66,67%, pada Siklus II terjadi peningkatan sebesar 79,40% dan pada Siklus III semakin meningkat motivasi belajar siswa sebesar 84,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran1 SMK Negeri 1 Langsa.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif, Index Card Match dan Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 03:48 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 03:48 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2136 |
Actions (login required)
View Item |