Keefektifan Diagram Alir (Flow Diagram) Dalam Pembelajaran Kimia

Dr. Jelita, M.Pd, 196906051992032004 (2021) Keefektifan Diagram Alir (Flow Diagram) Dalam Pembelajaran Kimia. In: Prosiding Seminar Nasional Yusuf Benseh 2013 : Pengembangan Potensi Produksi, Energi dan Ekonomi Menuju Kemandirian Daerah. -, Cet. 1 (-). Politeknik Negeri Lhokseumawe, Lhokseumawe, pp. 231-240. ISBN 978-602-17282-2-2

[img] Text
Diagram alir-YUSUF BENSEH.pdf

Download (663kB)
Official URL: http://snyube2013.pnl.ac.id

Abstract

Hampir semua konsep dalam ilmu kimia merupakan konsep abstrak yang cenderung hanya dapat dipahami dengan baik oleh siswa yang telah mengembangkan kemampuan berpikir abstrak (formal). Untuk itu diperlukan suatu pengajaran kimia yang dapat meningkatkan kemampuan intelek siswa dalam memahami ilmu kimia. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan laboratorium. Dalam kegiatan laboratorium, pendekatan keterampilan proses sangat diperlukan dalam praktikum karena melalui keterampilan proses dapat memecahkan masalah yang dapat memberikan kemampuan atau ketrampilan memproses perolehan, sehingga anak akan mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta, konsep serta menumbuhkan atau mengembangkan sikap dan nilai yang dituntut. Akan tetapi, siswa kurang memiliki konsep dasar dalam mengikuti praktikum sehingga menyebabkan siswa kurang mampu memahami prosedur kerja dan kurang dapat menghubungkan pengetahuan awal yang dimilikinya dengan konsep-konsep yang akan dieksperimenkan. Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan suatu advance Organizer yaitu digram alir. Diagram alir ini lebih baik dibuat sebelum dilakukannya eksperimen sebagai prosedur kerja. Diagram alir merupakan suatu rangkaian yang memperlihatkan aliran urutan suatu proses atau hubungan beberapa prosedur yang menggambarkan tahapan-tahapan dari prosedur kerja dalam kegiatan laboratorium menjadi suatu keutuhan menuju penyelesaian pekerjaan. Tahapan-tahapan ini dapat membantu dan memudahkan siswa dalam menghubungkan konsep-konsep yamg mereka ketahui sebelumnya dengan peristiwa yang telah mereka amati dalam praktikum. Disamping itu, diagram alir dapat bertindak sebagai pengganti prosedur kerja dalam praktikum sehingga praktikan lebih mudah untuk memahami materi yang dipraktekkan dan waktu yang digunan menjadi lebih efisien.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Diagram Alir (Flow Diagram); Pembelajaran Kimia
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:18
Last Modified: 03 Sep 2021 03:18
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item