PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 LANGSA

MASNIATI, 1032016008 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
MASNIATI.1032016008.PMA.2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran round club lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional, dan mengetahui aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran round club pada materi logika matematika si SMK Negeri 1 Langsa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Langsa tahun ajaran 2019/2020. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Langsasebanayak 9 kelas, sedangkan sampelnya ada dua kelas yaitu kelas XI AK-2 dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran round club dan XI AP-2 dengan jumlah 20 orang sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif, dengan desain randimized control group pretest-postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Tes dilakukan untuk melihat apakah model pembelajaran konvensional, dan tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan postest. Sedangkan observasi dilakukan untuk melihat aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran round club, yang dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung yang dilakukan oleh dua orang observer. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh data dari kedua kelas bahwa taraf signifikan x=0,05 diperoleh Thitung>Ttabel yaitu, 2,97.1,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran round club lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Dan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran round club pada materi logika di SMK Negeri 1 Langsa berada dalam kategori baik. Hal ini dilihat dari skor persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil dua pengamat terhadap aktivitas siswa adalah 87% dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Sabaruddin, M.Si Pembimbing II:Faisal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:08
Last Modified: 23 Feb 2021 02:08
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item