IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIS TERPADU KOTA LANGSA

RIZKI KHAIRUL ILAHI, 1052013042 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIS TERPADU KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
RIZKI KHAIRUL ILAHI.1052013042.PGMI.2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengingat begitu pentingnya pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan di sekolah. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya bagi kehidupan manusia. Dalam hal ini guru di tuntut melakukan perubahan-perubahan dalam mengorganisasikan kelas Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kognitif siswa pembelajaran tematik materi pembelajaran tematik tema7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negerikupada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Terpadu Kota Langsa. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah implimentasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kognitif siswa dalam hasil belajar tematik materi tema7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negerikupada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Terpadu Kota Langsa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kognitif siswa dalam hasilbelajar tematik materi tema7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negerikupada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Terpadu Kota Langsa. Dari analisis data didapatkan bahwa hasilbelajar tematik materi tema7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Terpadu Kota Langsa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu kondisi awal kemampuan siswa rata-rata belum sepenuhnya dapat membedakan hewan dan tumbuhan langka, Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata kemampuan siswa 61% dari 31 siswa hanya 17 siswa yang tuntas dengan persentase nilai KKM sebesar 54%, pada Siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 78% dari 31 siswa. Dengan persentase KKM sebesar 77% dari 24 siswa yang tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Implementasi model pembelajaran STAD mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar tematik materi tema7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negerikupada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Terpadu Kota Langsa, yaitu dengan hasil siswa yang tuntas belajar pada Siklus I sebanyak 16 siswa dari 31 siswa atau 51%, pada Siklus II sebanyak 24 siswa dari 31 siswa atau 77 % .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Drs. H.M. Yunus Ibrahim, M.Pd Pembimbing II:Syarifah Mudrika, M.T.H
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN STAD
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:11
Last Modified: 22 Feb 2021 04:11
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item