NOVI ANDRIANI, 1012015053 (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TAMIANG HULU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
NOVI ADRIANI.1012015053.PAI.2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tamiang Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tamiang Hulu yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes analisis data kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, Dari aktivitas guru siklus I persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 86,45 %. Namun setelah dilanjutkan kesiklus II aktivitas guru persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 92,71 %. Dari aktivitas siswa persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 84,37 %. Setelah dilanjutkan dengan siklus II aktivitas siswa persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 91,66 %. Adapun nilai rata-rata siswa dari siklus 1 sebesar 48,20 meningkat di siklus 2 menjadi 77,40. Hal ini terlihat Pada saat proses pembelajaran siswa tampak lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II:Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 04:04 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 04:04 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1838 |
Actions (login required)
View Item |