HANANI AZZAHRA, 1032016026 (2020) PENGARUH ANIMASI BERGERAK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XII DI SMAN 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
HANANI AZZAHRA.1032016026.PMA.2020.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan pemahaman konsep siswa akan mampu memanfaatkan atau mengaplikasikan apa yang telah dipahaminya serta mengungkapkannya kembali dengan makna yang sama dalam kegiatan belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah animasi bergerak dengan berbantuan software Cabri 3D berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi dimensi tiga. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Langsa tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Langsa sebanyak 317 orang yang terdiri dari 10 kelas, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XII MIA-8 dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 22,88 dan ttabel = 1,696 maka thitung > ttabel yaitu 22,88 > 1,696 sehingga diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh animasi bergerak terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Mazlan, M.Si Pembimbing II:M.Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KONSEP MATEMATIKA SISWA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:31 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1835 |
Actions (login required)
View Item |