PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA DI MTS NEGERI 3 ACEH TIMUR

FATMA NUR, 1032014007 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA DI MTS NEGERI 3 ACEH TIMUR. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
FATMA NUR.1032014007.PMA.2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berfikir kreatif merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa agar dapat memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, pengembangan kemampuan berfikir kreatif merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan dan perlu dilatihkan pada siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan menengah. Namun hal tersebut berbanding terbalik yang terjadi dilapangan dimana siswa kesulitan dalam berfikir kreatif sebagaimana yang terjadi di MTSN 3 Aceh Timur dimana kemampuan berfikir kreatif siswa sangat minim. berdasarkan latar belakang tersebut yang menjadi rumusan masalah adalah " Apakah terjadi pengaruh model pembelajaran knisley dengan metode brainstorming terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika di MTSN 3 Aceh Timur. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Yang menjadi sampel yaitu kelas VIII. 1 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 3 yang berjumlah 30 siswa menjadi kelas kontrol. Peneilitian mengunakan rancangan randomized subject post test only control group design. instrumen yang di gunakan berupa tes berbentuk uraian terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX. Dari hasil analisis diperoleh Fhitung =4,02 dan Ftabel =1,88, maka Fhitung>Ftabel yaitu 4,02>1,88 dengan taraf signifikan 5% maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian berarti bahwa "Terdapat pengaruh model pembelajaran knisley dengan metode braistorming terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika di MTSN 3 Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Iqbal, M.Pd Pembimbing II:Fenny Anggraini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MDEL PEMBELAJARAN KNISLEY
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:44
Last Modified: 22 Feb 2021 02:44
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item