RATNA DEWI, 4022016055 (2020) ANALISIS PENGARUH KEMISKINAN, PENGANGGURAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN ANGGARAN PENDIDIKAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
RATNA DEWI.4022016055.EKS.2020.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi dan anggaran pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia. Data yang digunakan adalah data kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi, anggaran pendidikan, dan IPM Indonesia tahun 1995-2019. Metode analisis data menggunakan anaisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemiskinan berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t, dimana diperoleh nilai t sig. 0,028 < 0,05. Pengangguran berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t, dimana diperoleh nilai t sig. 0,013 < 0,05. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t, dimana diperoleh nilai t sig. 0,015 < 0,05. Anggaran pendidikan berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t, dimana diperoleh nilai t sig. 0,022 < 0,05. Dari uji F diketahui bahwa kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi dan anggaran pendidikan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia, dimana diperoleh nilai F sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Iskandar, MCL Pembimbing II:Dr. Early Ridho Kismawadi, MA |
Uncontrolled Keywords: | INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA |
Subjects: | Umum > Permasalahan Sosial |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 02:25 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 02:25 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |