POLA KOMUNIKASI BAITUL MAL KOTA LANGSA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PEDAGANG PEUKAN LANGSA DALAM BERZAKAT

MASYITHAH, 3012014022 (2019) POLA KOMUNIKASI BAITUL MAL KOTA LANGSA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PEDAGANG PEUKAN LANGSA DALAM BERZAKAT. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
combinepdf (5).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak, komunikasi merupakan bagian dari kehidupan itu sendiri karena manusia melakukan komunikasi dalam pergaulan kehidupan. Hubungan individu yang satu dengan yang lainnya dapat dilakukan dengan berkomunikasi. Zakat adalah salah satu rukun Islam, zakat merupakan kewajiban setiap muslim yang mampu untuk membayarnya dan diperuntukan bagi mereka yang berhak menerimanya. Zakat adalah sejumlah harta yang khusus diberikan kepada kelompok-kelompok tertentu, dan dibagikan dengan syarat-syarat tertentu pula. Dalam tata cara berzakat, salah satunya dikumpulkan pada pengelola zakat atau pada sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah atau masyarakat itu sendiri. Di Kota Langsa pemerintah membentuk sebuah lembaga amil zakat yang berkewajiban untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada pihak yang telah ditetapkan dalam syariat Islam yang disebut dengan Baitul Mal. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian mendalam mengenai Pola Komunikasi Baitul Mal Kota Langsa Dalam Meningkatkan Kesadaran Pedagang Peukan Langsa Dalam Berzakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh jawaban tentang pola komunikasi yang digunakan Baitul Mal Kota Langsa dalam meningkatkan kesadaran berzakat pedagang kelontong Peukan Langsa serta segala macam hambatan atau kendala yang dihadapi oleh Baitul Mal Kota Langsa dalam meningkatkan kesadaran berzakat pedagang kelontong Peukan Langsa. Untuk itu, penelitian ini didesain sebagai penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh temuan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh para pengurus Baitul Mal Kota Langsa adalah dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosialisasi zakat kepada para pedagang kelontong yang ada di wilayah Peukan Langsa dengan menggunakan komunikasi persuasif agar menarik dan mudah dipahami oleh para pedagang kelontong. Sehingga para pedagang kelontong yang awalnya menyalurkan zakat secara pribadi merasa tergerak dan beralih untuk menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Kota Langsa. Adapun hambatan yang dialami oleh pengurus Baitul Mal terhadap para pedagang kelontong di wilayah Peukan Langsa terhambat dengan adanya kesenjangan pemahaman antara pengurus Baitul Mal dengan para pedagang kelontong yang mengakibatkan terjadinya kesalah pahaman dalam penyampaian informasi mengenai kewajiban berzakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II:Dr. Asrar Mabrur Faza, MA
Uncontrolled Keywords: POLA KOMUNIKASI
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Zakat
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Jan 2021 08:41
Last Modified: 12 Jan 2021 08:41
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item