Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah : Peran Guru Sebagai Penentu Kejayaan Pelaksanaan Kurikulum

Zainal Abidin Ishak, - (2016) Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah : Peran Guru Sebagai Penentu Kejayaan Pelaksanaan Kurikulum. In: Seminar Pendidikan Nasional LP3SSCI “ Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13), 29 Oktober 2016, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Artikel- Implementasi Kurikulum.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://-

Abstract

Perubahan dan pengembangan kurikulum 2013 di Indonesia merupakan bagian dari strategi meningkatkan pencapaian pendidikan yang berasaskan pada kompetensi dan karakter pelajar. Orientasi kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap, keterampilan serta pengetahuan. Ini sejalan dengan isi kandungan Undang-Undang Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pada pasal 35. Pasal 35 menyatakan bahwa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kelayakan lulusan yang meliputi aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan bersesuaian dengan Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan. Kurikulum 2013 bisa dikatakan kurikulum instan yang siap diimplementasikan oleh setiap guru, kapan saja dan dimana saja diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga kalau dipahami dan disikapi dengan baik bisa mengantarkan bangsa dan negara ini untuk mencapai masa keemasan di tahun 2045 nanti. Dengan demikian, guru dituntut melakukan berbagai inovasi untuk melahirkan karya-karya inovatif, serta mengoptimalkan segala pikiran dan kretivitasnya dalam mengelola kelas dan pembelajaran yang diampunya. Guru harus melakukan manajemen kelas secara optimal untuk mewujudkan pembelajran yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter. Untuk kepentingan tersebut, guru dituntut memahami berbagai model dan pendekatan pembelajaran dalam menunjang terlaksananya pembelajaran aktif dengan metode saintifik, tematik integratif, dan pendekatan konstekstual. Guru juga harus dapat bekerja sama secara optimal dalam melaksanakan pembelajaran partisipatif, dan team teaching. Dalam pada itu, guru harus mampu berkolaborasi dalam rangka memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi dikelas dan lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan layanan kepada peserta didik, sehingga terbentuk kepribadian yang optimal, dan menghasilkan lulusan yang berkualitats secara utuh dan menyeluruh. Guru merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan kurikulum. Guru memiliki peranan dalam menentukan kejayaan pelajar karena dengan kemampuan yang dimiliki guru akan menentukan keberhasilan pelajar melalui pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas. Oleh karena itu, guru juga adalah penentu kejayaan pelaksanaan kurikulum, karena guru yang akan mengorganisasikan pengalaman belajar siswa sehingga dapat mengubah penampilan mereka secara bermakna atau tidak

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; KTSP; Peran Guru; Pelaksanaan Kurikulum
Subjects: Pendidikan > Kurikulum Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:56
Last Modified: 08 Jan 2021 01:56
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item