SENDERI, 3012016046 (2020) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SERBAJADI KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SENDERI.3012016046.KPI.2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru memiliki komitmen yang tinggi terhadap kinerja mereka. Kepala sekolah tidak perlu memberikan perintah secara keras untuk menggerakan guru agar mau melaksanakan tugas. Kondisi yang tercipta di lingkungan SMP Negeri 2 Serba Jadi menjunjung tinggi nilai kedisiplinan terhadap aturan yang berlaku di sekolah. Terdapat strategi khusus kepala sekolah dalam berkomunikasi dengan para guru sehingga guru memiliki raa empati yang tinggi terhadap sekolah serta secara sukarela melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Jika biasanya guru merasa takut dan segan dalam menyampaikan gagasan pada pemimpin, maka di SMP Negeri 2 Serba Jadi guru merasa begitu nyaman untuk menyampaikan segala pendapat yang dimilikinya tanpa mengurangi rasa hormat dan isi/materi komunikasi antara guru dan kepala sekolah. Selain itu, pola komunikasi kepala sekolah juga menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat kepada SMP Negeri 2 Serba Jadi untuk memasukkan anaknya ke sekolah tersebut. Keunikan dalam cara berkomunikasi kepala sekolah menjadi suatu hal yang perlu diungkap, agar dapat diketahui pola komunikasi apa yang sebenarnya yang digunakan kepala sekolah dalam mempengaruhi guru dan meningkatknya jumlah peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi komunikasi kepala sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 2 Serba Jadi Kabupaten Aceh Timur?. 2) Hambatan apa saja dalam menerapkan strategi komunikasi kepala sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 2 Serba Jadi Kabupaten Aceh Timur?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi kepala sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 2 Serba Jadi Kabupaten Aceh Timur. 2) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang didapat dalam menerapkan strategi komunikasi kepala sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 2 Serba Jadi Kabupaten Aceh Timur. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal yang menggambarkan sebagai suatu komunikasi antara dua individu atau sedikit individu, yang mana saling berinteraksi, saling memberikan umpan balik satu sama lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 2 Serbajadi dengan 1) bersosialisasi datang kesetiap rumah, 2) memasang brosur atau sepanduk sebagai upaya promosi agar di kenal masyarakat dan 3) meningkatkan kualitas kedisiplinan di sekolah. Kemudian hambatan kepala sekolah yang dihadapi dalam menerapkan strategi komunikasi adalah masalah bahasa. Masyarakat tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga sering terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Muhammad Nasir, MA Pembimbing II:Zulkarnain, MA |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI |
Subjects: | Umum > Komunikasi |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 04:28 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 04:28 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1745 |
Actions (login required)
View Item |