NAMIRA, 1012015015 (2019) EFEKTIFITAS METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA MUTQIN BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM AL-HIDAYAH PANGKALAN SUSU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
NAMIRA.1012015015.PAI.2019.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada umumnya, para santri pondok pesantren penghafal alquran yang menerapkan metode muraja’ah lebih mudah lupa dengan hafalan qur’an yang telah mereka hafal. Tetapi lain halnya dengan pondok pesantren Darul Ulum Al-Hidayah, para santri penghafal alquran lebih mudah dalam mempertahankan hafalan yang telah mereka hafal dengan menggunakan metode muraja’ah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah Implementasi metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Uluum Al-Hidayah Pangkalan Susu? 2) Faktor apa saja pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah di Pondok Pesantren Darul Uluum Al-Hidayah Pangkalan Susu? Metode penelitian yang digunakan palam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengguanakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) pelaksanaan proses menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah di pondok pesantren Darul Ulum Al-Hidayah Pangkalan Susu dengan menggunakan metode muraja’ah antara lain: a. Setoran hafalan baru pada ustadz; b. muraja’ah hafalan lama yang disimakan kan teman dengan berpasangpasangan; c. Muraja’ah hafalan lama kepada ustadz; d. ujian mengulang hafalan (Al-Imtihan Fii Muraja’atil Muhafdzhah). Metode muraja’ah dinilai efektif karena dilihat hasilnya hafalan para santri bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes sima’an dan uji coba yang dilakukan oleh penulis. 2) Faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Hidayah Pangkalan Susu diantaranya: kedisiplinan, mempunyai target hafalan, motivasi orang tua dan berdo’a sukses menghafal Al-Qur’an. Faktor penghambat dalam menghafal AlQur’an diantaranya: ayat-ayat yang sudah dihafal lupa lagi, malas, kecapekan. Solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya: istiqamah memuraja’ah hafalan, memotivasi diri dan manajemen waktu yang baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Basri Ibrahim M.A Pembimbing II:Muhammad Affan, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | METODE MURAJA’AH |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:38 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 03:38 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
View Item |