KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN STAF KANTOR CAMAT IDI TIMUR

AFRINA, 3012015003 (2020) KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN STAF KANTOR CAMAT IDI TIMUR. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
AFRINA.3012015003.KPI.2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja/hasil yang dirasakan-nya dengan harapan. Kepuasan masyarakat dapat terwujud apabila pelayanan staf Kantor Camat Idi Timur diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan bahkan lebih baik dari standar pelayanan tersebut. Kepuasan masyarakat mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan Kantor Camat Idi Timur menjadi hal menarik untuk dikaji, karena bermaksud untuk mengetahui lebih mendalam mengenai secara kualitas kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Kantor Camat Idi Timur. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Kantor Camat Idi Timur yang merupakan salah satu instansi di tingkat pemerintahan kecamatan tidak luput dari problem pemberian layanan antara staf dan masyarakat sehingga proses pencapaian visi dan misi menjadi terhambat, karena baik staf Kantor Camat Idi Timur sendiri dan masyarakat mempunyai kepentingan yang berbeda, yaitu melayani dan dilayani. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: Bagaimana bentuk pelayanan yang diberikan staf Kantor Camat Idi Timur ? dan Bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan staf Kantor Camat Idi Timur ?. Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Idi Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitia ini adalah bapak camat, staf/pegawai kantor camat dan masyarakat yang mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan surat-surat lainnya di Kantor Camat Idi Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil observasi dan wawancara kepada staf Kantor Camat Idi Timur dan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Adapun pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Idi Timur yaitu perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan dan Sumber Daya Manusia, 2) Bentuk pelayanan yang diberikan oleh staf Kantor Camat Idi Timur kepada masyarakat yaitu: a) Meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal, b) Meningkatkan responsibilitas sudah dilakukan secara baik akan tetapi proses pelayanan kepada masyarakat masih harus terus ditingkatkan, c) Meningkatkan akuntabilitas yang didalamnya kepatuhan dan tanggungjawab staf terhadap aturan yang ada sudah terpenuhi secara maksimal, akan tetapi perlu dimaklumi bahwa masih ada yang perlu di optimalkan. 3) Sebagian besar masyarakat merasakan puas atas pelayanan staf Kantor Camat Idi Timur dikarenakan staf berperilaku ramah dan sopan, tidak membedakan pangkat, derajat dan pekerjaan seseorang dalam memberikan pelayanan, semuanya dilayani sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. Namun, ada juga ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan staf Kantor camat Idi Timur dalam hal kedisiplinan dan ketepatan waktu penyelesaian surat menyurat yang sering tidak sesuai janji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. H. Zakaria AB, MM Pembimbing II:Dr. Mawardi Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN STAF
Subjects: Umum > Etos Kerja
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:31
Last Modified: 03 Dec 2020 07:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item