MAHARANI RAZKIA, 1012016009 (2020) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA SISWA KELAS VIIC MTsN 3 ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
MAHARANI RAZKIA.1012016009.PAI.2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan tidak hanya terfokus pada pendidikan umum saja, pendidikan juga harus berfokus pada pendidikan keagamaan terutama dalam pembelajaran membaca Alquran.Alquran adalah kitab suci yang harus dibaca setiap hari, karena ia merupakan pedoman hidup yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat jibril. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengajarkan Alquran secara baik dan benar kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan bacaan Alquran dengan menggunakan metode Driil Pada Pembelajaran Tajwid Di Kelas VIIC”.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelasdengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIC MTsN 3 Aceh Tamiang.Instrument penelitian menggunakan Observasi, Test, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian diketahuibahwa penggunaan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Pada siklus I prosentase ketuntasan pre test 30% dan post test siklus I sebesar 55%. Selanjutnya setelah peneliti melakukan perbaikan pada siklus II ini para siswa membaca Alquran mengalami peningkatan dengan prosentase ketuntasan pre test sebesar 75% dan post tes sebesar 85%.Peningkatan ini terjadi karena ketelaksanaan pembelajaran pada siklus II lebih baik jika dibandingkan dengan siklus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II:Nurhanifah, MA |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN |
Subjects: | Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Tajwid |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 04:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 04:28 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1694 |
Actions (login required)
View Item |