PERMAINAN MENYAMBUNG HURUF AKHIR, DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTS SWASTA TERPADU LANGSA

PUJI PITALOKA, 1022014013 (2019) PERMAINAN MENYAMBUNG HURUF AKHIR, DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTS SWASTA TERPADU LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
PUJA PITALOKA.1022014013.PBA.2020.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permainan menyambung huruf akhir merupakan salah satu pemainan yang dapat membantu siswa terhadap pembelajaran Mufradat. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas penggunaan permainan menyambung huruf akhir dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradad dengan menggunakan permainan menyambung huruf akhir dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskperimen. Penelitian dilakukan di MTs Swasta Terpadu Langsa . populasi dari penelitian ini meliputi siswa kelas dua di MTs Swasta Terpadu Langsa dengan jumlah siswa 180 orang. karena jumlah kelas lebih banyak maka peneliti mengambil 2 kelas saja. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua dengan jumlah siswa 66 orang, Adapun kelas dua (VIII¹) kelompok experiment dengan jumlah siswa 33 0rang, dan kelas dua (VIII²) kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang, dan peneliti menggunakan: observasi, dan wawancara, dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: penggunaan permainan menyambung huruf akhir, dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa efektif, berdasarkan hasil t hitung 5,65 lebih besar dari t tabel 4,04 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, dan ini dibuktikan bahwa permainan ini efektif. Adapuan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradad dengan menggunakan permainan menyambung huruf akhir, dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa istimewa, berdasarkan hasil tes:27 siswa mendapat nilai istimewa (81,81%), 2 siswa mendapat nilai baik sekali (6,06%), 3 siswa mendapat nilai baik (9,09%), dan ini dibuktikan dari hasil tes siswa dengan menggunakan permainan menyambung huruf akhir, dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Burhanuddin Sihotang, MA Pembimbing II:Fuji Astuti, MA
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MUFRADAT
Subjects: Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Nov 2020 08:22
Last Modified: 12 Nov 2020 08:22
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item