SITI NURBAITI DAMANIK, 1032013053 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI MA MUQ LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SITI NURBAITI DAMANIK.1032013053.PMA.2019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kenyataan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar matematika masih banyak guru yang menekankan pemahaman tanpa memperhatikan berpikir kreatif siswa. Hal ini dilihat saat siswa mengerjakan soal, hanya berpatokan pada contoh yang diberikan guru. Kebanyakan siswa tidak mempunyai cara yang berbeda dari sudah yang diajarkan oleh guru, akibatnya berpikir kreatif siswa tidak berkembang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas X MA MUQ Langsa, menunjukkan bahwa masih perlu meningkatkan aspek-aspek lain selain hasil belajar siswa, salah satunya adalah berpikir kreatif. Hal ini karena dalam pembelajaran matematika berpikir kreatif sangat penting untuk menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya pada materi pembuktian identitas trigonometri. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di MA MUQ Langsa dengan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di MA MUQ Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA MUQ Langsa pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan ialah seluruh Siswa X MA yang berjumlah 193 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah simple random sampling dengan pengambilan sampel secara acak sehingga diperoleh kelas X-MIA 2 sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian sebanyak 5 soal. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang digunakan pada penelitian ini yaitu fluency (kelancaran), fleksibel (keluwesan), originaly (Keaslian), dan elaborasi (memperinci). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada jawaban soal nomor 1 dengan indikator fluency (kelancaran) memiliki rata-rata 64% dan tergolong kreatif, pada jawaban soal nomor 2 dengan indikator fleksibel (keluwesan), originaly (Keaslian), dan elaborasi (memperinci) memiliki rata-rata sebesar 32% dan tergolong kurangkreatif. Pada jawaban soal nomor 3 dengan indikator fluency (kelancaran), fleksibel (keluwesan), dan originaly (Keaslian) memiliki rata-rata sebesar 68% dan tergolong kreatif. Pada jawaban soal nomor 4 dengan indikator fluency (kelancaran), fleksibel (keluwesan), dan originaly (Keaslian) memiliki rata-rata sebesar 74% dan tergolong kreatif. Pada jawaban soal nomor 5 dengan indikator fluency (kelancaran), fleksibel (keluwesan), dan originaly (Keaslian) memiliki rata-rata sebesar 27% dan tergolong kurangkreatif. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata sebesar 60,23% dan tergolong cukupkreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pembuktian identitas trigonometri tergolong cukup kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Yusaini, M.Pd Pembimbing II:Iqbal, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | BERPIKIR KREATIF |
Subjects: | Matematika > Trigonometri |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 07:15 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 07:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
View Item |