PENERAPAN METODE PEER TEACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 LANGSA

INA MUZALINA, 1012014007 (2018) PENERAPAN METODE PEER TEACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
INA MUZALINA.1012014007.PAI.2018.pdf

Download (622Kb) | Preview

Abstract

Kurangnya pemahamannya siswa dalam penyelesaian masalah sehingga perlu bimbingan secara intensif. Maka seorang guru perlu adanya pembahruan dalam pembelajara. Metode Peer Teaching adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk arahan dan motivasi agar para siswa belajar secara efesien dan efektif yaitu siswa yang ditunjuk atau ditugaskan membantu teman-temannya yang mengalami kesulitan belajar. Metode dipilih untuk menunjang pemahaman siswa khusunya pada pelajaran Fiqih kelas X-IAI di MAN Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tindakan dilakukan dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan di kelas X-IAI. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes, Observasi, dan Wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan rumus Reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I berjumlah 15 orang dari 20 siswa dan pada siklus II menjadi 18 orang dari 20 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Peer Teaching dapat meningkatkan Pemahaman siswa serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Fiqih di kelas XIAI MAN 1 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mohd Nasir, MA Pembimbing II: Muhammad Nuh Rasyid, MA
Uncontrolled Keywords: METODE PEER TEACHING, SISWA
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 04:01
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item