FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU NEGATIF SISWA TERHADAP GURU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 4 LANGSA

DAYARNI, 1012014033 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU NEGATIF SISWA TERHADAP GURU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 4 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
DAYARNI.1012014033.PAI.2018.pdf

Download (760Kb) | Preview

Abstract

Guru adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru adalah figur manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan. Ketika semua orang mempersoalkan masalah dunia pendidikan, figur guru mesti terlibat dalam agenda pembicaraan, terutama yang menyangkut persoalan pendidikan formal di sekolah. Hal itu tidak dapat disangkal, karena lembaga pendidikan formal adalah dunia kehidupan guru. Sebagian besar waktu guru ada di sekolah, sisanya ada di rumah dan di masyarakat. Siswa adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan. Siawa bukan binatang, tetapi ia adalah manusia yang mempunyai akal. Anak didik adalah unsur manusiawi yang penting dalam kegiatan interaksi edukatif. Ia jadikan sebagai pokok persoalan, anak didik memiliki kedudukan yang menempati posisi yang menentukan dalam sebuah interaksi. Guru tidak mempunyai arti apa-apa tanpa kehadiran siswa sebagai subjek pembinaan. Jadi, siswa adalah “kunci” yang menentukan untuk terjadinya interaksi edukatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku negatif siswa kelas X IPS di SMAN 4 Langsa terhadap guru PPL dan untuk mengetahui tindakan-tindakan negatif siswa kelas X IPS di SMAN 4 Langsa terhadap guru PPL. Dan metode pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandasan pada filsafat post positisme yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian field research yaitu jenis penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung dengan menjadikan penelitian menjadi sumber untuk mendapatkan data-data, informasi, dan laporan yang sesuai dengan keperluan yang akan dibatasi dalam penulisan ini. Hasil penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara secara mendalam dengan informan sebagai bentuk pencarian data dan dokumentasi langsung dilapangan yang kemudian peneliti analisis. Analisis ini sendiri terfokus pada tenaga pengajar di SMAN Negeri 4 Langsa yang dikaitkan kepada beberapa unsur atau identifikasi masalah. Agar peneliti lebih objektif dan akurat, peneliti mencari informasi-informasi tambahan dengan melakukan wawancara mendalam dengan informanuntuk melihat langsung apa saja yang menjadi Faktor-Faktor Perilaku Negatif Siswa Terhadap Guru Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN Negeri 4 Langsa. Selain itu juga peneliti melakukan wawancara dengan siswa dan siswi guna memperoleh data pendukung mengenai pengaruh kemampuan komunikasi antar personal siswa-siswi. Peneliti ini juga menggunakan metode kualitatif untuk melihat kondisi alami sari suatu fenomena. Pendekatan ini bertujuan memperoleh pemahaman dan menggambarkan realitas yang kompleks. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan didasari oleh orang atau perilaku yang diamati. Pendekatannya diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh). Jadi, tidak dilakukan proses isolasi pada objek penelitian kedalam variabel atau hipotesis. Tetapi memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Razali Mahmud, M,M Pembimbing II: Miswari, S.Pd, M. Ud
Uncontrolled Keywords: PERILAKU SISWA, GURU
Subjects: Pendidikan > Siswa > Perilaku Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Jan 2019 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item