KEMAMPUAN ANALISIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI

SINAR PAYUNG , 1032011151 (2017) KEMAMPUAN ANALISIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP SINAR.pdf

Download (679Kb) | Preview

Abstract

Kemampuan analisis merupakan kecakapan atau potensi yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataan yang dihadapi di sekolah sebagian besar siswa memiliki kemampuan masih sangat rendah dalam menganalisis soal yang diberikan. Hal ini berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Peunaron pada tanggal 11 Mei 2016. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika dikatakan bahwa sebagian besar siswa tidak dapat memahami soal-soal yang berbentuk uraian atau soal cerita. Sedangkan pada materi trigonometri sering dijumpai soal-soal berbentuk uraian. Hal ini yang menyebabkan kemampuan dan hasil belajar siswa rendah pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan analisis siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah 86 siswa di SMA Negeri 1 Peunaron untuk kelas X untuk mengerjakan tes tingkat analisis kemampuan siswa pada materi trigonometri. Untuk keperluan data kualitatif melalui wawancara diambil beberapa orang siswa yang banyak melakukan kekeliruan pada saat mengerjakan tes trigonometri. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata masingmasing kelas yaitu kelas X-1 rata-ratanya adalah 71, kelas X-2 rata-ratanya adalah 72,5, dan kelas X-3 rata-ratanya adalah 70,3. Berdasarkan jawaban siswa dari tes kemampuan analisis serta hasil wawancara dapat disimpulkan kemampuan analisis siswa terhadap materi trigonometri hanya pada memahami masalah yaitu dapat membuat diketahui dan ditanya dari soal, sedangkan siswa belum mampu menyelesaikan masalah serta tidak dapat membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: <arzuki, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MAHASISWA
Subjects: Pendidikan > Mahasiswa
Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:26
Last Modified: 29 Jan 2019 04:26
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item