IMELDA MUSTIKA LASEE, 1032010035 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
IMELDA MUSTIKA LASEE.1032010035.PMA.2016.pdf Download (1787Kb) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang penting dan di pelajari semua orang, mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Matematika berbeda dengan ilmulain, karena jika diperhatikan sasaran matematika tidaklah kongkrit tetapi abstrak. Ada banyak alasan tentang perlunya siswa belajar matematika. Salah satunya agar siswa mempunyai kemampuan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan memiliki kemampuan matematika, siswa diharapkan dapat menghadapi masalah-masalah dalam berbagai bidang kehidupan. Pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, sehingga hampir disemua Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dijumpai penegasan diperlukannya kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Means-Ends Analysis (MEA) pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 5 langsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII(delapan) yang terdiri dari 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan mengenai presentase ketuntasan siswa pada kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 5 langsa melalui model Means-Ends Analysis (MEA), dapat dilihat dari indikator sebagai berikut: (1) Dalam memahami masalah persentase siswa pada tes kemampuan prasyarat, tes akhir siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah 14,29%, 38,10%, 52,38%, dan 57,14%. (2) Dalam merencanakan pemecahan masalah persentase siswa pada tes kemampuan prasyarat, tes akhir siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah 23,81%, 47,62%, 57,14%, dan 76,19%. (3) Siswa yang memiliki kemempuan melaksanakan pemecahan masalah persentase siswa pada tes kemampuan prasyarat, tes akhir siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah38,10%, 61,90%, 66,67%, dan 80,95%. (4) Pada tes kemampuan prasyarat, tes akhir siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah 19,05%, 23,81%, 33,33%, dan 61,90%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Budi Irwansyah, M.Si Pembimbing II: Rizki Amalia, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN SISWA, MEANS ENDS ANALYSIS(MEA) |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 08:55 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 08:55 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1578 |
Actions (login required)
View Item |