DARMAYANI, 3022013047 (2018) EFEKTIVITAS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENERAPKAN PROSES KONSELING TERHADAP SISWA DI SMP NEGERI 12 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
DARMAYANI.3022013047.BKI.2018.pdf Download (1909Kb) | Preview |
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan secara terus-menerus terhadap siswa yang bermasalah, sehingga siswa dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik. Bimbingan konseling di sekolah dilakukan oleh seorang guru bimbingan dan konseling. Pelaksanaan bimbingan dan konseling diharapkan dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalahnya. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) proses konseling yang diterapkan guru bimbingan dan konseling kepada siswa di SMP Negeri 12 Langsa; 2) efektifitas konseling yang diterapkan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah siswa di SMP Negeri 12 Langsa; 3) hambatanhambatan yang dihadapi guru bimbingan dan konseling dalam penerapan konseling kepada siswa di SMP Negeri 12 Langsa dan solusinya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari lapangan, baik data primer dan skunder dengan teknik observasi, wawancara dan melakukan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dengan cara mereduksi data, melakukan verifikasi dan menyajikannya dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian yang membuktikan: Pertama, proses konseling yang diterapkan guru bimbingan dan konseling kepada siswa di SMP Negeri 12 Langsa adalah bimbingan individu dan kelompok. Bimbingan individu dilakukan secara tatap muka antara siswa dengan guru BK dengan tujuan agar siswa terbantu untuk mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan masalahnya, kemudian siswa dapat menemukan alternatif pemecahan masalahnya. Bimbingan kelompok dilakukan dengan mengumpulkan 5 sampai 10 siswa untuk bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada. Kedua, pelaksanaan konseling yang diterapkan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah siswa di SMP Negeri 12 langsa belum bisa dikatakan efektif, karena masih banyak kendala-kendala yang dihadapi. Namun demikian, untuk meningkatkan efektifitas layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 12 Langsa, maka guru BK bekerja sama dengan wali kelas. Bahkan guru BK juga melakukan kerjasama dengan wakil kepala bidang kesiswaan. Ketiga, penerapan konseling kepada siswa di SMP Negeri 12 Langsa menghadapi hambatan, yaitu kurangnya personel guru BK, fasilitas ruang BK yang sangat sederhana, dan anggaran dana penyelenggaraan BK. Solusi mengatasi persoalan tersebut, maka guru BK bekerjasama dengan wali kelas dan juga bidang kesiswaan dan orang tua siswa. Guru BK memanfaatkan ruang BK yang ada, sedangkan keterbatasan anggaran diatasi dengan solusi memaksimalkan dana yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Nawawi Marhaban, MA Pembimbing II: Zulkarnain, S.Ag, MA |
Uncontrolled Keywords: | GURU, BIMBINGAN KONSELING |
Subjects: | Dakwah > Metode Dakwah |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 04:39 |
Last Modified: | 15 Jan 2019 04:39 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1566 |
Actions (login required)
View Item |