PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA N 3 LANGSA

EGI NOVRIANTI , 1032012033 (2018) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA N 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
EGI NOVRIANTI.1032012033.PMA.2018.pdf

Download (2261Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan media pembelajaran yaitu media Audio Visual berupa video. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah pengetahuan siswa terhadap konsep, prinsip, prosedur dan kemampuan siswa menggunakan strategi penyelesaian terhadap suatu masalah yang disajikan. Pemaikaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar juga dapat membangkitkan keingginan dan minat serta pengetahuan yang baru bagi siswa. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa Media Audio Visual, dimana Media Audio Visual adalah suatu rangkaian gambar elektronis yang disertai oleh unsure suara (audio) maupun unsure gambar (visual) yang saling bersatu membentuk sebuah pesan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat membantu siswa untuk lebih aktif memahami proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan One Grup Pretest-Postest Desain, dalam rancangan ini digunakan satu kelompok subjek. Mula-mula kelompok tersebut terlebih dahulu diberikan pretest, kemudian diberikan perlakuan yakni melalui media audio visual. Untuk memperoleh data di lapangan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap. Pertama, ukuran kemampuan awal siswa (Pre-test) dan yang kedua pengukuran kemampuan akhir siswa (Post-test).. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan instrument penelitian yaitu seperangkat test berbentuk uraian terstruktur yang memuat soal-soal tentang materi SPLTV yang berjumlah 5 butir soal sesuai dengan indikator materi SPLTV untuk bobot nilai pada setiap soal akan disesuaikan dengan jumlah dan tingkat kesukaran soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analaisi data yang diperoleh = 24,57 dan = 1,69 sehingga maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak pada taraf signifikan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan media audio visual”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Faisalm, M.Pd
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, MEDIA AUDIO VISUAL
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:31
Last Modified: 15 Jan 2019 03:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item