RIZKI, 4012013018 (2018) PENGARUH RELIGIUSITAS, MOTIVASI RASIONAL DAN MOTIVASI EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA DOSEN IAIN LANGSA). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI RIZKI (4012013018).pdf Download (2118Kb) | Preview |
Abstract
Religiusitas adalah tingkatan keberagamaan seseorang, religiusitas dicerminkan bagaimana seseorang mengekspresikan keyakinan agamanya, baik ditampilkan secara terbuka didepan publik maupun secara pribadi dan tertutup. Keputusan bermuamalah dengan bank syariah dapat dikategorikan sebagai salah satu kegiatan yang berkaitan dengan religiusitas. Hal ini sesuai dengan teori perilaku konsumen Indonesia yang dikemukakan oleh Handy Irawan. Menurut Handy Irawan perilaku konsumen Indonesia memiliki sepuluh karakter unik, yaitu : Berpikir jangka pendek, tidak terencana, suka berkumpul, gagap teknologi, orientasi pada konteks, gengsi, kuat di sub culture, kurang peduli lingkungan dan religius. Sedangkan menurut Swastha dan Handoko, motivasi manusia dalam melakukan pembelian dibedakan yaitu, motivasi rasional dan motivasi emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, motivasi rasional dan motivasi emosional terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini ialah Dosen IAIN Langsa yang sudah menabung pada Bank Syariah, 63 sampel diperoleh dengan teknik disproportionate stratified Random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dengan metode uji f dan uji t, berdasarkan uji f diperoleh nilai f hitung > f tabel, terbukti sebesar 15,938 > 2,53 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa religiusitas, motivasi rasional dan motivasi emosional secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. sedangkan dengan uji t, hanya terdapat satu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah, yaitu variabel motivasi emosional yang ditunjukkan oleh nilai t hitung > t tabel atau 3,015 > 1,670 dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan persentase pengaruh variabel religiusitas, motivasi rasional dan motivasi emosional terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah adalah sebesar 42 % sedangkan sisanya yaitu 58 % persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Muhammad Dayyan, M.Ec Pembimbing II: Nur Jannah, M.Ek |
Uncontrolled Keywords: | RELIGIUSITAS, MOTIVASI RASIONAL, MOTIVASI EMOSIONAL,PERBANKAN SYARIAH |
Subjects: | Muamalat > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Jan 2019 08:15 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 08:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
View Item |