PERAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI ILMU AGAMA ISLAM DI DAYAH DARUL ABRAR LANGSA

ULFI ADRIANI, 1022013051 (2018) PERAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI ILMU AGAMA ISLAM DI DAYAH DARUL ABRAR LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ULFI ADRIANI - BETUL.pdf

Download (1887Kb) | Preview

Abstract

Bahasa Arab adalah kata-kata yang di ungkapkan oleh Bangsa Arab tentang tujuan mereka. Telah jelas bahawa Bahasa Arab adalah bahasa resmi yang digunakan dalam dunia pendidikan, pasantren dan kampus-kampus berbasis Islam. Kitab-kitab yang digunakan dalam pelajaran ilmu Islam sebagian besar ditulis menggunakan Bahasa Arab. Murid-murid hanya terfokus kepada makna yang diterjemahkan oleh gurunya. Adapun alasan peneliti memilih judul ini karena peneliti ingin mengetahui Apakah Peran Pembelajaran Bahasa Arab dalam Memahami Ilmu Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah proses pembelajaran bahasa Arab di dayah Darul Abrar? (2) Apakah peran pembelajaran Bahasa Arab dalam memahami ilmu agama Islam? Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang di butuhkan peneliti tidak berupa jumlah dan angka, tetapi berupa informasi data. Adapun hasil penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran bahasa Arab di Dayah Darul Abrar masih belum mengikuti standar kurikulum pendidikan formal dan alokasi waktu yang disediakan dalam proses pembelajarannya sedikit. (2) Peran pembelajaran Bahasa Arab dalam memahami ilmu agama Islam sangat penting. Karena seluruh kitab yang digunakan untuk dipelajari di Dayah Darul Abrar menggunakan kitab-kitab Arab. Fungsi pembelajaran Bahasa Arab adalah untuk memudahkan membaca dan mengkaji kitab-kitab Arab yang tidak berbaris. Jika santri mampu membaca dan mengkaji kitab-kitab Arab, maka santri akan mampu mengambil hukum-hukum agama Islam dari kitab tersebut yang telah dikarang oleh Ulama islam terdahulu. Maka jika tidak mampu menguasai ilmu Nahu dan Sharf, maka itu makna yang ikan dikaji akan berlainan dengan maksud pengarang kitab itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: M. Fadli M. Pd Pembimbing II: Ibnu Khaldun S. Ag, MA
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, ILMU AGAMA ISLAM
Subjects: Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:10
Last Modified: 10 Jan 2019 04:10
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item