IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MIN 1 LANGSA

SHINTA ARISMA DEWI , 1052014026 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MIN 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SHINTA ARISMA DEWI.1052014026.PGMI.2018.pdf

Download (2468Kb) | Preview

Abstract

Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) adalah model pembelajaran berkelompok yang memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peningkatan aspek kognitif (pengetahuan) siswa melalui pembelajaran TSTS (two stay two stray) dengan pendekatan saintifik di MIN 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskripitif Kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas IV D MIN 1 Langsayang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: 1) RPP siklus I dan II, 2) lembar observasi guru dan siswa, 3) lembar soal yang berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru (peneliti) dalam mengajar mencapai 77% sedangkan aktivitas siswa dalam belajar 75%. Hasil tes akhir siklus I mencapai 66% dengan siswa yang mencapai ketuntasan 21 orang. Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti perlu melaksanakan siklus II. Hasil siklus II mnunjukkan bahwa persentase aktivitas guru dalam mengajar meningkat menjadi 91% sedangkan aktivitas siswa dalam belajar meningkat menjadi 91% dan hasil tes akhir pembelajaran di siklus II juga meningkat menjadi 88% dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 28 orang, sehingga hasil belajar siswa dalam kemampuan kognitif (pengetahuan) dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 20%. Jadi, karena pada pembelajaran di siklus II hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dan mencapai kriteria yang telah ditetapkam, maka peneliti tidak perlu melaksanakan siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dengan Pendektan Saintifik efektif meningkatkan kemampuan Kognitif siswa pada tema Indahnya Negeriku, hal ini terbukti dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di MIN 1 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Muhaini, MA Pembimbing II: Yustizar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: TSTS (TWO STAY TWO STRAY)
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:04
Last Modified: 09 Jan 2019 08:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item