RISKI PURWALIANI, 4012013027 (2018) PERAN IKLAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI an RISKI PURWALIANI.pdf Download (2119Kb) | Preview |
Abstract
Iklan selalu berperan penting dalam meningkatkan minat menabung masyarakat, sehingga periklanan perlu dilakukan untuk menginformasikan, membujuk dan menarik minat masyarakat, dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Dengan iklan, masyarakat dapat mengenal produk Perbankan yang terdapat pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa dan masyarakat dapat membedakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka serta menghilangkan kekhawatiran masyarakat mengenai praktik riba yang terjadi khususnya bagi masyarakat kota Langsa. Berdasarkan pembahasan skripsi ini penulis mengambil beberapa permasalahan yaitu, bagaimana periklanan yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa dan bagaimana peran iklan dalam meningkatkan minat menabung masyarakat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data untuk melihat peran iklan dalam meningkatkan minat menabung masyarakat pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa. Teori yang digunakan adalah teori periklanan yang mencakup tujuan, fungsi dan peran, media yang digunakan, metode penetapan anggaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi periklanan. Kemudian teori minat menabung yang mencakup indikator minat, tahap-tahap minat, fungsi sikap dan strategi minat menabung. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa iklan yang dilakukan Bank Syariah Mandiri memiliki peran dalam meningkatkan minat menabung masyarakat, dengan media yang digunakan yaitu spanduk dan brosur. Periklanan dilakukan sebagai pendukung dari sosialisasi langsung kepada calon nasabah yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan masyarakat bahwa Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa memiliki brosur yang lengkap dan produk yang ditawarkan juga beragam dan berbeda dari bank-bank lainnya sehingga iklan yang paling berperan adalah brosur. Brosur dapat menguatkan minat nasabah untuk terus menabung di Bank Syariah Mandiri dan menggunakan produk lain yang ditawarkan. Namun, beberapa dari mereka mengatakan bahwa Bank Syariah Mandiri cabang Langsa kurang melakukan periklanan, beberapa diantaranya memilki buku tabungan Bank Syariah Mandiri karena kepentingan lain yaitu untuk pengambilan beasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Abdul Hamid, MA Pembimbing II: Mutia Sumarni, SE.M.Si |
Uncontrolled Keywords: | MENABUNG, PERBANKAN SYARIAH |
Subjects: | Muamalat > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 07:55 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 07:55 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |