UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN AL-QUR’AN DIGITAL DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LANGSA

ELVITA SARI , 1012013069 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN AL-QUR’AN DIGITAL DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELVITA SARI.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstract

Siswa yang memiliki kemampuan dan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan baik ternyata mereka telah mulai belajar membaca Al-Qur’an pada Sekolah Dasar, bahkan pada usia Taman Kanak-kanak. Di antara hal yang kurang memuaskan di SMA Muhammadiyah 4 Langsa adalah masih banyak ditemui kesalahan siswa dalam membaca Al-Qur’an, ini terlihat dari tes lisan yang dilaksanakan oleh guru yang menunjukkan hasil yang kurang memuaskan ketika awal masuk di kelas X, padahal mereka sudah duduk di bangku SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Bagaiamana penerapan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Al-Qur’an Digital di SMA Muhammadiyah 4 Langsa? Dan 2) Bagaimana peningkatan kemamampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an setelah mengguanakan Al-Qur’an digital di SMA Muhammadiyah 4 Langsa?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 4 Langsa dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes membaca, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Al-Qur’an Digital pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist yaitu presentase ketuntasan belajar membaca Al-Qur’an secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 42,85%, pada siklus I sebesar 64,28%, dan pada siklus II ketuntasan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik mencapai 85,71%. Nilai rata-rata hasil peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu para tahap pra siklus sebesar 60,57, siklus I sebesar 64,07, dan pada siklus II naik menjadi 70,78. Sedangkan aktivitas belajar membaca Al-Qur’an peserta didik dapat ditingkatkan dengan menerapkan media Al-Qur’an Digital. aktivitas belajar membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Al-Qur’an Digital peserta didik ini dapat terlihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II, secara berturut-turut sebesar: 45%, 60 % dan 80 %. Dengan begitu target yang ingin dicapai telah terpenuhi yaitu prosentase aktifitas peserta didik sebesar 80%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan menggunakan Al-Qur’an digital. Adanya peningkatan keterampilan membaca ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata peserta didik dan prosentase ketuntasan aktifitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Amiruddin Yahya, MA Pembimbing II: Saparuddin Rambee, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: MEMBACA AL-QUR'AN, ALQUR'AN DIGITAL
Subjects: Hukum Islam > Aqidah Islam
Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Tafsir Alquran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Dec 2018 04:12
Last Modified: 18 Dec 2018 04:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item