ADE FADILLAH , 1032013030 (2018) PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA INSPIRATIF (KOMET) DI SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
ADE FADILLAH.1032013030.PMA.2018.pdf Download (1850Kb) | Preview |
Abstract
Dari observasi awal peneliti di SMP Negeri 1 Langsa dan hasil wawancara dengan beberapa siswa yang menjadi masalah adalah tidak tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2016, dimana materi pola bilangan sudah berada pada kelas VIII semester ganjil. Salah satu solusi yang dapat membantu siswa yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berupa komik matematika pada materi pola bilangan yang diberi nama “Komik Matematika Inspiratif (KOMET)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan Komik Matematika Inspiratif (KOMET) di SMP Negeri 1 Langsa. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Langsa dengan sampel kelas VIII-H sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode pengembangan (research and development). Validasi bahan ajar berupa Komik Matematika Inspiratif (KOMET) dilakukan oleh 6 (enam) orang pakar yang terdiri dari 3 orang pakar ahli rancangan/konstruk dan 3 orang pakar ahli isi bidang studi matematika. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar penilaian berupa angket untuk ahli rancangan/konstruk dan ahli isi materi, angket respon siswa, wawancara, dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes yang terdiri dari 5 soal yang telah di uji cobakan. Dapat disimpulkan bahwa Komik Matematika Inspiratif (KOMET) pada materi pola bilangan berdasarkan penilaian validator isi dalam presentasi dari 31 item berkisar 67% - 93% dalam kategori baik dan sangat valid, juga berdasarkan penilaian validator konstruk dalam presentasi dari 18 item berkisar 73% - 100% dalam kategori sangat baik dan sangat valid. Sehingga sudah dianggap validasi isi yang memadai dan validasi konstruk yang memuat seluruh komponen. Komik Matematika Inspiratif (KOMET) sudah dapat digunakan secara umum sebagai bahan ajar untuk materi pola bilangan, dengan didukung dari hasil tes belajar 30 siswa menunjukkan menunjukkan bahwa 22 siswa atau 73% tuntas dan 8 siswa atau 27% tidak tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 80.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Iqbal, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA INSPIRATIF(KOMET), HASIL BELAJAR |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 03:47 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 03:47 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1487 |
Actions (login required)
View Item |