STRATEGI KOMUNIKASI PEGAWAI KANTOR CAMAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI BAGI MASYARAKAT (Studi pada Kantor Camat Madat Kabupaten Aceh Timur)

ZULFAHMI , 3012012108 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEGAWAI KANTOR CAMAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI BAGI MASYARAKAT (Studi pada Kantor Camat Madat Kabupaten Aceh Timur). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULFAHMI.pdf

Download (2532Kb) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan yaitu terwujudnya kedisiplinan dan kinerja pegawai yang baik. Oleh karena itu kinerja pegawai perlu diperhatikan dalam upaya mencapai tujuan yang maksimal. Dalam melaksanakan pekerjaan, pegawai juga tidak terlepas dari suatu komunikasi yang efektif, baik komunikasi dengan pimpinan maupun dengan masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat menjadi perhatian yang sangat serius bagi pemerintah ditingkat pusat maupun tingkat daerah, strategi penyelenggaraan pelayanan administrasi merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi komunikasi pegawai Kantor Camat dalam meningkatkan pelayanan administrasi? dan apa sajakah hambatan-hambatan komunikasi pegawai Kantor Camat dalam meningkatkan pelayanan administrasi? Adapun penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, maka penelitian membutuhkan kajian yang mendalam dengan latar yang wajar. Untuk membantu penyusunan skripsi ini, data diambil melalui observasi dan wawancara yang berhubungan dengan masalah tersebut dan selanjutnya dianalisis.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah strategi komunikasi pegawai Kantor Camat dalam meningkatkan pelayanan administrasi dan untuk mengetahui apa sajakah hambatan-hambatan komunikasi pegawai Kantor Camat dalam meningkatkan pelayanan administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan di Kantor Camat Madat sudah berjalan dengan baik, hal itu dapat terlihat dari komunikasi pegawai yang menggunakan komunikasi verbal dengan menjelaskan sejelas-jelasnya secara langsung mengenai prosedur pelayanan dan menerima kritik maupun saran sebagai intropeksi untuk pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat. Sehingga dalam menciptakan pelayanan yang baik bagi masyarakat perlu didukung dengan adanya pegawai yang berempati dalam membantu kebutuhan informasi bagi masyarakat dengan memberikan kesan yang menyenangkan. Hambatan yang dihadapi adalah minimnya kesadaran masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana seperti komputer, penyuluhan antara Geuchik dengan masyarakat masih kurang, sikap dan latar belakang tingkat sosial pegawai dengan masyarakat berbeda-beda sehingga dalam hal komunikasi masyarakat dengan pegawai masih ada rasa segan dan malu-malu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Zakaria AB, MA Pembimbing II: Muhammad Mukhlis, MA
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI, LAYANAN ADMINISTRASI
Subjects: Umum > Komunikasi
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:03
Last Modified: 07 Dec 2018 08:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item