SUGIARTIK, 1032012172 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) PADA MATERI LIMIT DI SMA NEGERI 3 KEJURUAN MUDA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SUGIARTIK.1032012172.PMA.2017.pdf Download (2460Kb) | Preview |
Abstract
Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek dari situasi atau masalah dengan berdasarkan bukti. Model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, dan repetition) merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar siswa, dengan cara mengintegrasikan ketiga aspek yang diantaranya (1) auditory (2) intellectualy (3) repetition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui model pembelajaran AIR pada materi limit. Ada pun rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah; Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui model pembelajaran AIR pada materi limit? penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan instrumen tes yang berbentuk 5 butir soal uraian dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kejuruan Muda yang berjumlah 70 siswa. Sampel dipilih secara random sampling, yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 22 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata pretest mencapai 14,3, simpangan baku mencapai 5,63 dan hasil persentase pretest mencapai 30,21%. Sedangkan hasil rata-rata posttest mencapai 64,8, simpangan baku mencapai 13,89 dan persentase posttest mencapai 72%. Hasil tersebut jelas terlihat bahwa penggunaan model pembelajaran AIR telah membuat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda menjadi lebih baik. Sehingga, model ini dapat diaplikasikan oleh guru dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi limit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: NUraida, M.Pd Pembimbing II: Srimuliati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) , KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 04:03 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 04:03 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1476 |
Actions (login required)
View Item |