SRI WAHYUDI, 1032012169 (2018) KONTRIBUSI MEDIA ULTRA 3D TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA DI SMP NEGERI 9 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SRI WAHYUDI.1032012169.PMA.2018.pdf Download (1028Kb) | Preview |
Abstract
Media Ultra 3D atau permainan ular tangga adalah permainan yang menggunakan dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalani bidak. Dengan menggunakan media Ultra 3D diharapkan siswa dapat memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kontribusi media ultra 3D terhadap pemahaman konsep matematik siswa di SMP Negeri 9 Langsa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling) dari 6 kelas (131 orang siswa/i) kelas VIII SMP 9 Langsa. Kelas VIII.2 (22 orang siswa) dan VIII.1 (23 siswa) masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh thitung= 1,7125 dan ttabel = 1,6785 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi media ULTRA 3D terhadap pemahaman konsep matematik siswa di SMP Negeri 9 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Rizki Amalia,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA ULTRA 3D, KONSEP MATEMATIK SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 03:50 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 03:50 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1474 |
Actions (login required)
View Item |