PUSPITA APRILLIA SIREGAR , 3022013146 (2018) MODEL PEMBINAAN KEAGAMAAN GURU AGAMA DALAM MEMPERBAIKI AKHLAKUL KARIMAH ANGGOTA ROHIS (ROHANI ISLAM) DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SKRIPSI PUSPITA APRILIA SIREGAR.pdf Download (2047Kb) | Preview |
Abstract
Adanya kegiatan keagamaan di sekolah merupakan tempat peserta didik untuk membentuk perilaku agamis. Sikap dan perilaku agamis yang demikian dapat dimulai dari kepala sekolah, para pendidik atau guru dan semua tata usaha dan anggota masyarakat yang ada dilingkungan sekolah. Setelah itu peserta didik harus mengikuti dan membiasakan diri dengan sikap dan perilaku agamis (akhlakul karimah). Untuk mendukung hal itu, keberadaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan organisasi kesiswaan sangat penting. Salah satu organisasi kesiswaan di sekolah selain OSIS adalah Rohani Islam (ROHIS) yang menanamkan nilai-nilai religius bagi siswa. Rohani Islam dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler. Rohani Islam mempunyai dua kegiatan diantaranya, dakwah umum dan dakwah khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujua), dengan cara memilih informan, sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa model pembinaan Rohis ada dua, yaitu melalui kegiatan eksternal Rohis dan dan internal Rohis. Kegiatan eksternal Rohis misalnya, PHBI (Perayaan Hari Besar Islam), kegiatan perayaan hari besar Islam yang biasanya diadakan saat hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj, tahun baru Hijriah. Kultum, kegiatan mendengarkan tausyiah yang diadakan setiap hari jumat, sebelum jam pertama sekolah berlangsung, dan anak Rohis bertugas sebagai pemberi tausyiah di tiap kelas. Dan tadarus Qur’an, kegiatan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dipimpin oleh seorang anggota atau pengurus Rohis, dan yang lain ikut membaca. Kegiatan Internal Rohis, mendengarkan ceramah yang dipimpin oleh seorang murabbi dan kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama. Kegiatan jalan-jalan dan mentadaburri alam serta mensyukuri nikmat, bisanya diadakan saat pergantian pengurus dan pengenalan dengan anggota Rohis baru. Bersih-bersih Mushola, saat hari- hari tertentu misalnya menjelang Ramadhan, hari-hari besar Islam dan menjelang libur. Pengurus Rohis memiliki peran dalam membentuk perilaku keagamaan siswa, seperti melakukan pendekatan dan interaksi antar sesama, seperti mendekati siswa yang nakal, bergaul dengan mereka tanpa menggurui, dan mendengarkan curhatannya jika mereka curhat, dengan begitu, mereka tidak canggung lagi dan mulai memiliki sikap yang lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H. Nawawi Marhaban, MA Pembimbing II: Zulkarnain, S.Ag, MA |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBINAAN, ROHANI ISLAM |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 07:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2018 07:41 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1458 |
Actions (login required)
View Item |