PENERAPAN METODE PRAKTIK UNTUK MENGUKUR KOGNISI SISWA KELAS IX DI SMK NEGERI 2 KARANG BARU

NUR KAMALIA, 1032012115 (2017) PENERAPAN METODE PRAKTIK UNTUK MENGUKUR KOGNISI SISWA KELAS IX DI SMK NEGERI 2 KARANG BARU. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
NUR KAMALIA.1032012115.PMA.2015.pdf

Download (1950Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Gejala kognisi siswa secara keseluruhan selama penerapan metode praktikum di kelas XI di SMK Negeri 2 Karang Baru. (2) Pengamatan siswa secara keseluruhan selama pembelajaran matematika di kelas XI SMK Negeri 2 Karang Baru. (3) Tanggapan siswa secara keseluruhan selama pembelajaran matematika di kelas XI SMK Negeri 2 Karang Baru. (4) Ingatan siswa secara keseluruhan selama pembelajaran matematika di kelass XI SMK Negeri 2 Karang Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design yang berdesain One-group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-KK (Kontruksi Kayu) SMK Negeri 2 Karang Baru yang terdiri dari 15 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai secara keseluruhan untuk pengamatan 61,33% dan nilai untuk tanggapan 70,7% pada saat pembelajaran dikelas. Sedangkan pada saat penerapan metode praktikum di bengkel kontruksi kayu nilai secara keseluruhan untuk pengamatan 64,17% dan nilai untuk tanggapan 79,4%. Pada gejala kognisi yang condong pada ingatan, secara keseluruhan nilai pre-test yang diperoleh siswa 59,50% dan nilai post-test yang diperoleh siswa 80,25%. Secara keseluruhan gejala kognisi siswa sebelum melakukan penerapan metode praktikum adalah 61,7% dengan kriteria cukup, sedangkan gejala kognisi siswa ketika penerapan metode praktikum hingga setelah penerapan berjumlah 76.81% dengan kriteria baik. Berarti terjadi peningkatan sebanyak 15,11% dan keadaan kognisi siswa juga meningkat menjadi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode praktikum terbukti dapat mengubah gejala kognisi siswa, selain itu dalam penelitian ini juga siswa mengahasilkan sebuah produk. Produk yang dihasilkan berupa meja yang memiliki beragam bentuk dan berbeda pula fungsinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenny Suzana, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: METODE PRAKTIKUM, KOGNISI, RUANG DIMENSI DUA
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 03:11
Last Modified: 06 Dec 2018 03:11
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item