NUR FATIARA , 1012012110 (2017) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsS YASPENDI SUNGAI IYU. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
NUR FATIARA.1012012110.PAI.2017.pdf Download (1222Kb) | Preview |
Abstract
Di MTsS Yaspedi Sungai Iyu masih banyak ditemukan siswa yang memiliki problematika pengajaran bidang studi aqidah akhlak, kurangnya motivasi dan minat belajar yang dimiliki oleh setiap siswa, sehingga siswa cenderung mudah malas dan merasa bosan. Oleh sebab itu diperlukan cara untu mengahadapi problematika pengajaran bidag studi aqidah akhlak. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:Seperti apa kendala / problematika yang dihadapi guru saat pengajaran bidang studi Aqidah Akhlak di Sekolah MTsS Yaspendi Sungai Iyu?Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh guru di Sekolah MTsS Yaspendi Sungai Iyu dalam mengatasi Problematika Pengajaran Bidang Studi Aqidah Akhlak?Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui kendala/problematika yang dihadapi guru saat pengajaran bidang Aqidah Akhlak di Sekolah MTsS Yaspendi Sungai Iyu. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh guru di sekolah MTsS Yaspendi Sungai Iyu dalam mengatasi Problematika Pengajaran Bidang Studi Aqidah Akhlak. Metodelogi penelitian yang penulis gunakan untuk penelitian ini yaitu metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan penulis analisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu problematika pengajaran bidang studi aqidah akhlak di MTsS Yaspendi Sungai Iyu, dalam megatasi problematika pengajaran bidang strudi aqidah akhlak dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemberian nasehat-nasehat dalam pendidikan aqidah akhlak agar problematika yang dihadapi bisa teratasi, juga dengan pemberian reward atau penghargaan kepada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi. Adapun faktor pendukung dalam mengatasi problematika pengajaran bidang studi aqidah akhlak: motivasi dan nasehat dari guru dan juga orang tua dan sarana prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun faktor hambatan dalam mengatasi problematika pengajaran bidang studi aqidah akhlak adalah: siswa yang tidak bersemangat dalam belajar untuk mengatasi problematika pengajaran bidang studi aqidah akhlak tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Muhaini, MA Pembimbing II: Mustamar Iqbal Siregar, MA |
Uncontrolled Keywords: | PROBLEMANTIKA PENGAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK |
Subjects: | Hukum Islam > Aqidah Islam |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 03:44 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 03:44 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1440 |
Actions (login required)
View Item |