NOVIA ANNISA , 1012012104 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
NOVIA ANNISA.1012012104.PAI.2016.pdf Download (1236Kb) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya pendidikan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan harus dipenuhi sepanjang hayat, karena pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia. Seperti akhlak yang sangat penting dalam Islam, karena kesempurnaan Islam seseorang tergantung pada kebaikan akhlaknya. Ada banyak cara untuk menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya melalui karya sastra berupa novel hafalan sholat delisa. Dengan melihat latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah apakah kalimat atau paragraf dalam novel hafalan sholat delisa mengandung nilainilai pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kalimat atau paragraf dalam Novel Hafalan Shalat Delisa mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis content analysis (analisis isi) dengan instrumen penelitian berupa novel Hafalan Shalat Delisa. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ditemukan beberapa nilai yang terkandung dalam novel Hafalan Shalat Delisa yang meliputi : iklas, syukur, tolong-menolong, siddiq, mandiri, tabligh, fathanah, syaja’ah, malu, sabar, ramah, rendah hati dermawan, dan optimis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mukhlis, Lc, M. Pd. I Pembimbing II: Fitriani, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | NILAI PENDIDIKAN, AKHLAK ,HAFALAN SHALAT DELISA |
Subjects: | Pendidikan > Analisis Pendidikan Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 08:05 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 08:05 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1437 |
Actions (login required)
View Item |