MULYANDA , 1032013047 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DI SMA N 4 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI MULYANDA.pdf Download (1290Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Creative Problem Soulving (CPS) berimplementasi positif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa di SMAN 4 Langsa. Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada proses pembelajaran pemecahan masalah dilengkapi dengan kreativitas. Sedangkan kemampuan penalaran matematik adalah sebuah pemecahan masalah yang dimulai dengan hipotesis atau (dugaan) sampai terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (pengamatan, percobaan, dan sebagainya). Metode penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desain dengan menggunakan pembagian satu kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model Creative Problem Soulving (CPS). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Langsa tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 128 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Sebelum tes diujikan kepada siswa sebelumnya tes diuji kevalidtannya terhadap dua dosen ahli dan kemudian di uji kepada siswa validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda soal. Setelah tes terbukti valid maka dilanjutkan dengan uji normalitas data. Hasil uji normalitas pada penelitian ini diperoleh hasil ternyata data tidak normal maka pada teknik analisis data digunakanlah rumus uji mann-whitney. Hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh hasil rata-rata preetest siswa sebesar 54,9 dan meningkat pada hasil posttest siswa sebesar 82,35. Maka kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berimplementasi positif terhadap penalaran matematik siswa di SMAN 4 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mazlan, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Wahyuni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS),KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 04:00 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 04:00 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
View Item |