ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LANGSA

LISA UMAIRAH , 1032012089 Progam (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
LISA UMAIRAH.1032012089.PMA.2017.pdf

Download (2156Kb) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk dimiliki dikarenakan berpikir kritis merupakan sebuah proses yang bermuara pada penarikan kesimpulan tentang apa yang harus kita percayai dan tindakan apa yang kita lakukan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Langsa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Langsa yang sedang aktif belajar pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 (enam) kelas yang berjumlah 241 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 41 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes yang berbentuk uraian terstruktur yang terdiri dari 3 butir soal yang telah divalidasi oleh ahli dan diujicobakan kepada siswa kelas XII. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam interpretasi masalah dikategorikan sedang dengan jumlah presentase sebesar 69,66%. Selanjutnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam analisis masalah dikategorikan rendah dengan jumlah presentase sebesar 59,29%. Kemudian kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengevaluasi masalah dikategorikan rendah dengan jumlah presentase sebesar 57,62%. Sedangkan pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam menginferensi masalah dikategorikan rendah dengan jumlah presentase sebesar 59,29%. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Langsa sebagian besar berada dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 82,26, nilai tersebut sudah melebihi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Bapak Iqbal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN SISWA,
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:09
Last Modified: 30 Nov 2018 04:09
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item