STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN LOKAL DI SMP NEGERI 4 BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

INTAN YULIANI , 1012012053 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN LOKAL DI SMP NEGERI 4 BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
INTAN YULIANI.1012012053.PAI.2017.pdf

Download (1331Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses secara sadar dalam membentuk anak didik untuk mencapai perkembangannya menuju kedewasaan jasmani maupun rohani.Strategi adalah serangakaian rencana kegiatan yang dilakukan oleh guru terhadap murid untuk meningkatkan motivasi belajar. Guru adalah orang dewasa yang menjadi tenaga kependidkan untuk mebimbing dan mendidik peserta didik menuju kedewasaan. Motivasi adalah suatu perubahan energy di dalam pribadi seserorang yang ditandai dengan timbulnya efektif dan reaksi untuk mencapai tujuan. Siswa adalah peserta didik objek sekaligus subjek pendidikan yang akan menyerap ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan, akan menjadi ukuran keberhasilan dan mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal tersebut merupakan alasan penulis tetarik untuk melakukan penelitian yang berjudul” Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Lokal di SMP Negeri 4 Birem Bayeun Kec. Birem Bayeun Kab. Aceh Timur”. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal,dan bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa,dan strategi apa saja yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru bidang studi muatan lokal di SMP Negeri 4 Birem Bayeun tersebut sebagai data primer serta data dokumentasi dan lainnya sebagai data skunder. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi, penyajian, verifikasi dan kesimpulan. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis peneliti menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada muatan lokal sangat baik, terlebih lagi ketika jam belajar terletak di pagi hari siswa sangat bersemangat dan termotivasi. Guru menggunakan strategi yang berbeda-beda sesuai dengan materinya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa seperti strategi ekspositori, stretegi ingkuiry dan strategi berbasis masalah, strategi ini lah yang sering digunakan guru PAI dalam pembelajaran muatan lokal di SMP Negeri 4 Birem Bayeun. Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan sosial, seperti keadaan fisik siswa, pergaulan teman sebaya dan lain sebegainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA
Uncontrolled Keywords: STRATEGI GURU,MOTIVASI BELAJAR SISWA
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:14
Last Modified: 27 Nov 2018 03:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item View Item