FITRIA , 1032012058 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF KONTEKSTUAL DAN RELIGIUS TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA DI MTS AL-IKHLAS TANAH TERBAN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
FITRIA.1032012058.PMA.2018.pdf Download (2402Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian berjudul ”Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kreativitas Siswa di SMP Negeri 1 Langsa” mengkaji masalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kreativitas siswa pada materi statistika di kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Kreativitas dalam menyelesaikan soal sangat penting untuk mempelajari alternatif jawaban dari permasalahan yang muncul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain pretest and posstest group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 346 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Sedangkan sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan VIIC. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kreativitas siswa kelas eksperimen adalah 92 dari 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Rata-rata kreativitas siswa kelas kontrol adalah 53,83 dari 35 orang siswa kelas kontrol. Dengan demikian, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan tanpa model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika di kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,13 dan nilai ttabel = 2,03 Oleh karena harga thitung > ttabel atau 2,13 > 2,03 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap kreativitas siswa di SMP Negeri 1 Langsa tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Iqbal, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KREATIF KONTEKSTUAL |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 02:27 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 02:27 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1394 |
Actions (login required)
View Item |