AKTIVITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBINAAN PRILAKU ISLAMI ANAK DI KAMPUNG TELAGA MEUKU DUA KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG

AYU ELVIKA, 3022013124 (2018) AKTIVITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBINAAN PRILAKU ISLAMI ANAK DI KAMPUNG TELAGA MEUKU DUA KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU ELVIKA.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat sejauh mana aktivitas keagamaan masyarakat terhadap pembinaan perilaku islami anak, dari pembinaan pengajian dan Remaja Mesjid yang di buat untuk taat beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin ibadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, disiplin, bertoleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan perilaku islami dalam komunitas sekolah. Mengetahui faktor yang mempengaruhi prilaku islami anak di kampung Telaga Meuku 2 Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen resmi lainnya. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah ingin menggambarkan realita empirik dibalik fenomena secara mendalam, rinci dan tuntas. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pembinaan perilaku Islami anak anak harus dibiasakan sejak kecil untuk mengikuti kegiatan keagamaan, seperti ikut orang tua shalat berjamaah di Mesjid, mengikuti wirid yasin, memperingati hari-hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj maupun kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan lainnya. Sehingga ketika anak beranjak dewasa sudah terbiasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan. Faktor yang mempengaruhi perilaku Islami anak ataupun kepribadian pada diri seseorang ada dua faktor yaitu, internal dan eksternal. Internal yang dimaksud disini adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang, Faktor eksternal yaitu lingkungan seperti lingkungan keluarga, dikeluargalah yang menjadikan dasar pembentukan perilaku seseorang. Terutama orang tua yang berperan banyak dalam mendidik anak-anaknya. Lingkungan sekolah, sekolah merupakan lembaga penidikan formal mempunyai peranan yang sangat penting peranan ini terkait pengembangan pemahaman, pembiasaan mengamalkan ibadah atau akhlaq yang mulia. Lingkungan masyarakat, lingkungan masyarakat adalah interaksi sosial yang berpengaruh terhadap perkembangan fitrah beragama anak (terutama anak-anak dan remaja) Apabila teman sebayanya menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama (berakhlaq mulia), maka anak cenderung berakhlak mulia. Namun sebaliknya, yaitu perilaku teman sepergaulannya buruk, maka anak akan cenderung berperilaku seperti temannya tersebut. Hal ini orang tua juga harus mengambil peran dalam pembinaan perilaku anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Nawawi Marhaban, MA Pembimbing II: Cut Fauziah, Lc.M.TH
Uncontrolled Keywords: PERILAKU ANAK
Subjects: Pendidikan > Siswa > Perilaku Siswa
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Nov 2018 07:50
Last Modified: 21 Nov 2018 07:50
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item