POTRET PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA (ANALISIS PERSPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM DALAM TAYANGAN IKLAN TELEVISI)

ARIEF FURQAN , 3012012135 (2017) POTRET PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA (ANALISIS PERSPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM DALAM TAYANGAN IKLAN TELEVISI). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
Potret Perempuan dalam Media (Analisis Perspektif Komunikasi Islam dalam Tayangan Iklan Televisi).pdf

Download (2996Kb) | Preview

Abstract

Media massa sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Beragam media salah satunya televisi dengan jumlah program acara serta informasi yang ada telah mengubah pola pikir masyarakat kearah modernisasi. Salah satu program siaran televisi adalah iklan. Seperti media komunikasi massa pada umumnya iklan memiliki fungsi komunikasi secara langsung. Iklan adalah bagian penting dari serangkaian kegiatan mempromosikan produk yang menekankan unsur citra. Dengan unsur tersebut objek iklan tidak sekadar tampil dengan wajah yang utuh, akan tetapi melalui proses pencitraan. Salah satu objek yang sering digunakan oleh media massa dalam menampilkan bentuk visual pada masyarakat adalah sosok kaum perempuan untuk mengikat daya tarik kepada publik penonton. Ada begitu banyak iklan yang menggunakan peran perempuan sebagai objek iklan adalah iklan sabun giv versi beauty in high definition dan iklan downy mystique versi red carpet. Karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret perempuan dalam tayangan iklan sabun giv versi beauty in high definition dan downy mystique versi red carpet dan mengetahui tayangan iklan dengan pemeran perempuan dalam perspektif komunikasi Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Kemudian teknik analisis data menggunakan model analisis semiotik Roland Barthes, dengan tujuan memperoleh data mengenai potret perempuan dalam iklan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah video iklan sabun giv versi beauty in high definition dan iklan downy mystique versi red carpet. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa potret perempuan yang terbentuk pada iklan giv versi beauty in high definition dan iklan downy mystique versi red carpet adalah citra pigura. Citra pigura itu sendiri menurut Thamrin Amal Tamagola adalah perempuan sebagai makhluk yang cantik dan harus selalu menjaga kecantikannya serta memiliki daya pikat. Kemudian periklanan yang di benarkan dalam Islam ialah periklanan yang memenuhi aturan dan tatakrama yang tidak melanggar nilai-nilai Islam. Tidak semestinya memproduksi iklan dengan menampilkan seorang perempuan yang berpakaian sangat minim, tentu saja hal demikian merupakan bentuk pelanggaran menurut syariat. Karena itu seluruh aktivitas periklanan sedapat mungkin harus sesuai dengan etika dan moral yang dibenarkan oleh agama untuk menjaga nilainilai dan norma di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Asrar Mabrur Faza, MA Pembimbing II: Zulkarnain, MA
Uncontrolled Keywords: PEREMPUAN, KOMUNIKASI ISLAM
Subjects: Hukum Islam > Wanita Dalam Islam
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 21 Nov 2018 02:47
Last Modified: 21 Nov 2018 02:47
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item